10 Tips Mempercepat Loading Website WordPress Anda!

Mempercepat Loading Website WordPress – WordPress adalah platform terbaik untuk membuat website, blog maupun toko online ataupun situs untuk berbagai jenis bisnis Anda yang lainnya. Saya pun juga menggunakan WordPress dalam membangun blog saya ini. Tidak perlu diragukan lagi jika WordPress merupakan platform terbaik karena memang banyak pengguna dari seluruh dunia menjatuhkan pilihannya pada WordPress.

Menurut  w3techs.com mencatat wordpress saat ini digunakan oleh 60.7% pengguna CMS diseluruh dunia, itu artinya wordpress menguasai 23.5% website yang ada di dunia maya saat ini. Angka tersebut jauh meninggalkan joomla yang ada di urutan ke-dua dengan nilai pengguna CMS hanya sebanyak 7.4% atau hanya 2.9% dari seluruh website yang ada didunia.

Lalu mengapa loading dalam sebuah website itu harus cepat?

Website merupakan sebuah layanan bagi pengunjung, pengunjung datang untuk mencari sesuatu yang ada di website Anda, tetapi jika website Anda lambat dalam memuat bahkan sangat lambat maka otomatis pengunjung tersebut akan merasa jengkel dan segera pergi dan mencari website atau blog yang lain yang mempunyai loading yang lebih cepat. Tentu saja hal tersebut tidak anda inginkan untuk para pengunjung anda bukan?

Selain itu, website yang mempunyai loading cepat juga dapat meningkatkan SEO dalam sebuah mesin pencari terutama Google. Kecepatan website sangat berpengaruh sekali dalam meningkatkan SEO one page website atau blog Anda di mesin pencari. Karena Google dan mesin pencari lain juga memasukkan kecepatan loading website dalam algoritmanya untuk menilai website tersebut dalam Peningkatan Rangking di hasil pencarian dari sebuah web atau blog.mempercepat loading website wordpress

Untuk itu, disini saya akan memberikan 10 Tips Mempercepat Loading Website WordPress Anda!

1. Pilih Hosting yang Terbaik

Salah satu cara yang bisa anda coba untuk mempercepat loading wordpress anda adalah dengan memilih hosting terbaik. karena jika Anda menggunakan hosting yang bagus, tentunya kecepatan website Anda di akses dari negara mana saja akan tetap memberikan loading yang cepat. Saat ini, banyak sekali hosting-hosting yang menawarkan harga murah (karena faktor saingan) namun kualitas yang ditawarkan kadang kurang mumpuni. Ada-ada saja kendala seperti yang pernah saya pribadi alami yaitu website sering down, ping terlalu besar (mungkin faktor lokasi server) dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sebelum membeli hosting ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada komunitas blogger untuk bertanya tentang web hosting terbaik menurut mereka.

2. Gunakan Theme yang ringan

Pemilihan theme untuk website wordpress anda cukup penting! karena theme bisa memberikan dampak hingga 90% dalam kecepatan website anda. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan theme wordpress yang ringan, yang tidak mempunyai banyak fitur yang pada akhirnya akan memperlambat kecepatan loading website wordpress anda.

3. Install Plugin Cache

Gunakan Plugin untuk menyimpan Cache dari website atau blog Anda, Anda bisa menggunakan plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache, dengan plugin ini kecepatan website atau blog WordPress Anda akan secara otomatis menjadi cepat. Pengaturan cache plugin ini sangat mudah sekali, anda hanya perlu mengaktifkan fitur yang anda inginkan dalam plugin tersebut.

4. Optimasi gambar

Untuk mengoptimasi gambar agar loading website menjadi lebih cepat sudah saya singgung pada artikel sebelumnya pada artikel Mempercepat Loading Website dengan Plugin Autoptimize. Plugin tersebut berfungsi untuk mengkompress gambar sehingga ukurannya menjadi lebih kecil, semakin kecil ukuran maka loadingnya akan semakin cepat. Namun resikonya adalah kualitas gambar akan menjadi berkurang.

6. Mengoptimalkan Database WordPress
Saya pasti mendapatkan banyak penggunaan dari kata “mengoptimalkan” di posting ini! Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan plugin WP-Optimize. Plugin ini memungkinkan Anda melakukan hanya satu tugas sederhana: mengoptimalkan database Anda (spam, pasca revisi, draft, tabel, dll) untuk mengurangi overhead pada database WordPress anda. Plugin ini adalah gratis dan sangat membantu Anda dalam optimasi database. Namun jika Anda menggunakan plugin berbayar WP-Rocket, maka Anda tidak perlu lagi menginstall plugin ini karena sudah terdapat fitur ini di dalamnya.

7. Menonaktifkan Hot Linking

Hotlinking adalah bentuk “pencurian” bandwidth . Hal ini terjadi ketika situs lain link langsung ke gambar di situs Anda dari artikel mereka membuat beban server Anda semakin tinggi .

Hal ini dapat bertambah karena semakin banyak orang “mengikis” posting Anda atau situs Anda (dan terutama gambar) menjadi lebih populer , seperti harus dilakukan jika Anda membuat gambar kustom untuk situs Anda secara teratur.

8. Mengunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN (Content Delivery Network) adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring content website kita. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Jadi, apabila ada pengunjung blog kita dari negara seperti united states (USA) maka file-file seperti CSS, image video, js dsb akan di sediakan oleh server yang paling dekat dengan negara pengunjung misal di datacenter LA (Los Angeles). Untuk menggunakan CDN pada website wordpress anda, baca tutorial berikut : Mempercepat Loading website dengan CDN

9. Disable Pingbacks dan Trackback

Secara default , WordPress berinteraksi dengan blog lain yang dilengkapi dengan pingbacks dan trackbacks .

Setiap kali blog lain mengkaitkan Website Anda , itu akan memberitahu situs Anda, yang pada gilirannya update data pada post. Mematikan ini tidak akan menghancurkan backlink ke situs Anda, hanya pengaturan yang menghasilkan banyak pekerjaan untuk situs Anda .

caranya : Menu settings » discussion dan hilangkan centang

10. Batasi Post Revisi

Anda bisa membatasi Post revisi menjadi 2 atau 3 revisi saja. Karena setiap anda melakukan edit pada postingan, maka akan tersimpan di database, dan itu akan mengakibatkan membengkaknya database WordPress Anda, untuk menanggulangi hal itu anda hanya cukup menuliskan sebaris code.

Itulah 10 Tips Mempercepat Loading Website WordPress Anda! yang bisa saya berikan untuk anda.

 

Tags:
2 Responses
  1. author

    IDmarimo1 month ago

    kelebihan wp sama blogger apa min,,

    Reply
    • author
      Author

      fikryans4 days ago

      sama saja mas, semua punya kelebihan dan kekurangan masing2. cuma kalau dari sisi customize nya wordpress lebih unggul dibanding blogger

      Reply

Leave a reply "10 Tips Mempercepat Loading Website WordPress Anda!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.