Cara Memasang SSL di WordPress Melalui cPanel

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika sudah membuat website dengan wordpress adalah memasang ssl. Apa itu SSL ? SSL (Secure Socket Layer) adalah adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit.

Tak hanya itu, kini memasang ssl sudah seperti sebuah keharusan untuk website mendapatkan ranking di serp google. Karena google sendiri telah merilis sebuah pernyataan bahwa “HTTPS as a Ranking Signal”.

Oleh karena itu, sebaiknya jika anda ingin membuat website agar terlihat profesional ada baiknya anda memasang ssl pada website anda. Saat ini, sudah banyak sekali SSL gratis yang sangat kredibel untuk anda gunakan, jadi anda tidak perlu khawatir untuk uang tambahan membelis sertifikat SSL tersebut. Contohnya saat ini ada SSL Let’s encrypt yang memberikan sertifikat SSL gratis untuk website anda. Dan sudah banyak web hosting yang mengintegrasikan SSL tersebut ke hosting mereka. Hanya dengan 1 kali klik website anda akan otomatis terpasang SSL. Selain itu, ada juga ssl gratis dari Auto SSL cPanel dan ini juga bisa anda install secara gratis melalui cPanel hosting anda. Namun, bagi anda yang tidak menggunakan cPanel anda bisa menggunakan ssl lets encrypt untuk memasang ssl gratis.

Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan SSL gratis dari Let’s EncryptKarena jika menggunakan layanan hosting cPanel biasanya ssl ini akan selalu include di hosting tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Memasang SSL di WordPress Melalui cPanel

  1. Login ke cPanel hosting anda. atau anda bisa mengaksesnya melalui http://namadomain.com/cpanelcara memasang ssl
  2. Pada dashboard cPanel cari menu SSL/TLS Statuscara memasang ssl
  3. Pilih domain atau subdomain yang akan dipasang SSL nya, untuk contoh kali ini saya akan memasang SSL pada subdomain latihan.idwebsite.orgcara memasang ssl
  4. Lalu klik Run AutoSSLcara memasang ssl
  5. Lalu tunggu beberapa saat, jika sudah muncul notifikasi seperti gambar berikutcara memasang ssl
  6. Lalu refresh halaman tersebut. Maka domain/subdomain yang tadinya masih berwarna merah akan menjadi hijau seperti inicara memasang ssl

Sertifikat ssl sudah terpasang pada domain anda. Sekarang kita hanya mengubah permalink pada wordpress anda untuk mengubah URL nya menjadi HTTPS.

Masuk ke dashboard wordpress anda, lalu masuk ke menu Settings – Generalcara memasang ssl

lalu ubah protokol http menjadi https seperti gambar berikut. Lalu klik Savecara memasang ssl

Maka setelah melakukan perubahan tersebut anda akan secara otomatis logout. lalu coba untuk login kembali dan lihat protokol website anda sudah menjadi hijaucara memasang sslSekarang coba cek sertifikat ssl tersebut dengan mengklik tombol Secure – Valid disitu kita bisa melihat sertifikat yang digunakan untuk SSL tersebut.cara memasang ssl

Terakhir, kita akan mencoba mengubah htaccess agar ketika pengunjung mengakses website anda, ia akan otomatis mengakses url https secara otomatis, kadang meskipun kita sudah berhasil memasang ssl diwebsite tersebut pengunjung tidak keredirect otomatis, oleh karena itu kita akan mencoba membuat secara otomatis menggunakan htaccess.

Pertama, buka File Manager pada cPanel hosting andacara memasang ssl

klik Public_html tempat dimana kita menyimpan semua konten website.cara memasang ssl

Lalu cari file yang bernama htaccess lalu klik edit pada bagian pojok kanancara memasang ssl

Begini lah bentuk umum dari htaccess wordpresscara memasang ssl

lalu pasang kode berikut pada htaccess untuk meredirect otomatis ke protokol https

RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Sehingga akan menjadi seperti ini.cara memasang sslLalu kli Save

Dan sekarang website anda akan otomatis redirect ke protokol https.

Ada baiknya jika masih awal-awal membuat website kita harus menentukan terlebih dahulu apakah akan menggunakan protokol http atau https, karena jika kita selalu mengubah-ubah protokol tersebut google akan bingung untuk membaca situs anda. dan efeknya bisa negatif untuk website anda sendiri dari segi SEO.

Itu saja tutorial Cara Memasang SSL di WordPress melalui cPanel.

Selamat mencoba

Tags:
No Response

Leave a reply "Cara Memasang SSL di WordPress Melalui cPanel"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.