Cara Membuat Website Mudah untuk Pemula Tanpa Koding

Bagaimana Cara membuat website? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seperti ini pada forum maupun grup facebook. Mereka menganggap membuat website itu merupakan sesuatu yang sangat sulit dilakukan oleh pemula. Karena kita diharuskan untuk mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat website seperti PHP, Javascript css dan masih banyak lagi kebingungan-kebingungan lain yang akhirnya membuat mereka menyerah untuk bisa membuat website. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena 14 tahun lalu, Satu-satunya cara untuk membuat website pada zaman dulu adalah jika Anda mungkin mau menghabiskan sebagian besar hidup Anda belajar HTML di salah satu kuil terpencil di Himalaya. Sehingga hal tersebut mungkin yang mendasari mengapa orang-orang berfikir bahwa membuat website itu adalah suatu pekerjaan yang sangat sulit.

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah kita bisa membuat website dengan mudah tanpa memerlukan keterampilan dalam hal coding?

Jawabannya, tentu saja bisa!

Untuk anda yang saat ini ingin belajar membuat website tanpa koding, anda berada disitus yang tepat! Disitu IDWebsite ini, kami memberikan tutorial-tutorial khusus dalam bidang membuat website dengan mudah tanpa perlu keahlian koding!

Bagaimana bisa membuat website tanpa koding??

Saat ini banyak sekali platform yang bisa anda gunakan untuk membuat website dengan mudah, dari mulai drupal, joomla dan platform yang paling populer didunia yaitu WordPress. Jika anda ingin membangun sebuah website yang bagus dan juga mobile friendly, Anda perlu memilih platformnya terlebih dahulu. Dengan platform atau biasa sering disebut dengan CMS (Content Management System) dapat membantu anda untuk mempermudah dalam pembuatan website.

Lalu, bagaimana cara kita memilih platform/CMS yang tepat untuk membuat website?

Jawabannya, Pilihlah platform yang sudah terpercaya dan banyak komunitasnya. Karena, disaat kita ingin membangun sebuah website menggunakan CMS, kita pasti akan menemukan sebuah issue yang mungkin itu adalah issue yang pertama kali kita temukan. Dengan banyaknya komunitas, tentu saja akan memudahkan kita untuk mencari solusi pada komunitas tersebut. Sebagai gambaran untuk anda, berikut ini adalah grafik CMS yang paling banyak digunakan didunia.

.membuat website

Dari grafik tersebut, tentunya kita bisa menyimpulkan CMS apa yang akan kita gunakan untuk membuat website.

Ya, WordPress memang salah satu CMS yang paling banyak digemari didunia. Selain mudah, WordPress juga bisa anda gunakan secara  gratis tanpa perlu membayar sepeser pun. Dengan performa dan fitur-fiturnya yang powerfull, tak hayal membuat CMS wordpress menjadi CMS yang paling digemari didunia.

Perlu anda ketahui, WordPress mempunyai 2 Versi yaitu WordPress.org dan juga WordPress.com.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

WordPress.org merupakan sebuah CMS yang bisa anda gunakan secara gratis, namun anda akan membutuhkan sebuah domain dan hosting untuk menjalankan CMS wordpress tersebut. WordPress.org biasa di sebut dengan wordpress Self Hosted. Itu artinya, kita yang akan mengelola seluruh website tersebut dari mulai sewa hosting dan domain.

sedangkan WordPress.com merupakan sebuah platform blog hosted, konsepnya hampir sama dengan blogger, bedanya di wordpress.com kita tidak bisa mengupload plugin,tema dan tidak bisa memasang iklan. untuk bisa menikmati semua itu, anda diwajibkan membeli paket premium melalui situs resmi. Tapi, di versi wordpress yang gratis anda tetap bisa menggunakan platform tersebut sebagai mana layaknya blog pada umumnya. sumber

Kenapa WordPress menjadi platform CMS blog yang banyak digunakan didunia? Jawabannya.

  • Gratis dan Open Source. Untuk bisa menggunakan cms wordpress anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui situs resmi wordpress. Selain itu, kamu juga bisa mengubah source code wordpress seperti (tema,plugin) sesuka hati tanpa khawatir soal copyright.
  • Mudah digunakan. WordPress menjadi salah satu CMS yang UI (user interface) nya mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun. Ditambah dengan plugin-plugin dan tema yang sangat banyak, membuat kita lebih mudah untuk mengubah tampilan blog sesuai selera.
  • Bisa untuk website kelas bisnis. Dengan fitur dan keamanannya yang mumpuni, banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan CMS sebagai platform website mereka. Dengan menggunakan CMS wordpress tersebut tentu saja dapat menghemat biaya untuk membuat website yang bisa mengeluarkan dana hingga ratusan juta untuk menyewa programmer. Kecuali memang perusahaan tersebut membutuhkan sebuah website yang sesuai dengan logic bisnis mereka.
  • Banyak Komunitas. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Semakin populer sebuah CMS maka pengguna dan komunitasnya juga akan bertambah. Bahkan ada situs khusus yang membahas tentang cara penggunaan wordpress dari dasar hingga advanced yaitu wpbeginner. Kendalanya mungkin hanya bahasa yang digunakan pada situs tersebut menggunakan bahasa inggris.

Nah untuk itu, saya akan mengajarkan kepada anda bagaimana cara membuat website sendiri dengan menggunakan CMS WordPress.org dan untuk kedepannya saya akan lebih kompleks tentang tutorial wordpress.

Untuk membuat website dengan wordpress self hosted, ada beberapa yang harus anda penuhi. Yaitu:

  1. Domain
  2. Hosting

Ya, itu bisa membuat website sendiri denga wordpress, anda wajib memenuhi 2 requirements diatas. Karena kedua hal tersebut merupakan inti pokok dari website berbasis wordpress self hosted.

Saya akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu domain dan hosting.

1. Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat IP address  server komputer seperti web server atau email server di internet. Jadi, ibaratnya domain adalah sebuah alamat yang nantinya akan menuju kerumah kita.

2. Hosting

Apa itu hosting? Hosting adalah server yang digunakan untuk meletakkan seluruh konten website kita secara online yang menyala 24 jam penuh. Nah, hosting ini ibaratkan rumah dari kita.

Jadi, jika disimpulkan domain adalah alamat yang akan mengarah rumah kita, sedangkan hosting adalah rumah yang akan dituju tersebut.

 

Untuk mempunyai domain, kamu bisa membeli dari provider seperti jagoanhosting, niagahoster, rumahweb, idwebhost dan masih banyak lagi. Jangan sembarangan memilih provider domain hanya karena tergiur harga murah. Pilih lah provider yang terpercaya seperti yang sudah saya sebutkan. Untuk membeli domain agar bagus untuk SEO website anda, baca Tips Memilih nama domain berikut ini.

Begitupun dengan hosting, saya tidak bisa menjelaskan secara rinci tentang bagaimana membeli hosting dan semacamnya. Karena fokus saya disini adalah mengajarkan kepada anda tentang cara membuat website dengan wordpress tanpa koding!

Jadi, jika anda masih bingung tentang domain dan hosting, sebaiknya banyak-banyak lah membaca tentang apa itu domain dan apa itu hosting di google.

Sekarang, jika anda sudah mempunyai 2 hal tersebut (Domain dan Hosting) anda bisa melanjutkan membaca tutorial berikut tentang bagaimana membuat website dengan wordpress self hosted.

Cara Membuat Website dengan WordPress

1. Mengarahkan Domain Ke Hosting / Pointing Domain

Jika anda sudah membeli domain, langkah berikutnya adalah memastikan domain tersebut mengarah ke alamat ip hosting yang anda gunakan. Caranya adalah, masuk ke control panel domain anda. Jika anda menggunakan layanan domain dari Rumah Web, anda bisa mengikuti cara dibawah ini:

  • Setelah masuk ke client area, Klik menu Domain – List Domain sayacara membuat website
  • Lalu pada bagian list domain, klik panah yang ingin anda ubah. Lalu klik Update Nameservercara membuat website
  • Pada kolom-kolom berikut isi dengan nameserver hosting anda. Biasanya ketika kita membeli paket hosting, provider tersebut sudah menyediakan nameserver yang akan mengarah ke hosting mereka.cara membuat website
  • Lalu klik Update Nameservers. Lalu tunggu sampai domain anda benar-benar terpropagasi dengan baik ke hosting anda. Maksimal membutuhkan waktu 1×24 jam. Kadang bisa lebih cepat dari itu tergantung hosting anda yang mengatur TTL untuk hosting tersebut.

2. Install CMS WordPress di cPanel

Untuk menginstall CMS WordPress di cpanel anda bisa menggunakan auto installer seperti Fantastico de Luxe, Softaculous, QuickInstall. Untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan autoinstaller softaculous karena menurut saya auto installer seperti softaculous banyak di gunakan oleh provider-provider hosting dan user interface nya juga yang mudah dipahami.

Cara install WordPress menggunakan softaculous.

  • Login ke cpanel hosting anda dengan mengetikan url http://namadomain,com/cpanel. Lalu masukkan username dan password yang sudah anda dapatkan ketika membeli hosting untuk mengakses control panel hosting anda.cara membuat website
  • Ketika sudah masuk ke dashboard cpanel, cari autoinstaller softaculous. Atau anda bisa menggunakan fitur pencarian yang ada di cpanel. Alternatifnya anda juga bisa langsung menemukan aplikasi WordPress pada shortcut softaculous. Klik logo wordpress.cara membuat website
  • Maka anda akan diarahkan pada dashboard installasi wordpress. Lalu klik Installcara membuat website
  • Isi data-data yang akan anda buat untuk website wordpress anda. Diantaranya
    • Choose protocol, pilih salah satu http:// atau http://www, dan apabila domain Anda mendukung SSL, Anda bisa gunakan yang HTTPS. Namun jika Anda belum paham maksud dari penggunaan protokol ini, lebih baik untuk awal-awal pilih yang HTTP biasa saja.
    • Choose domain, pilih domain yang akan diinstal WordPress
    • In directory, kosongkan saja
    • Site name, isi dengan nama atau judul situs Anda
    • Site description, berisi tagline atau penjelasan singkat akan situs Anda
    • Username, nama pengguna yang akan digunakan saat login ke halaman dashboard admin WordPress (tips, hindari penggunaan kata “ADMIN”)
    • Password, kata sandi untuk login
    • Email, pastikan gunakan alamat email Anda yang masih aktif, karena nantinya segala notifikasi default yang berasal dari situs, akan dikirimkan ke alamat email ini
  • Jika beberapa informasi sudah anda isi. langkah berikutnya yaitu klik Install terletak pada bagian bawah form
  • Perlu di perhatikan, biasanya bagi yang masih pertama kali melakukan penginstalan ini, lupa mengosongkan kolom “IN DIRECTORY”, sehingga begitu proses instalasi selesai, begitu mencoba akses alamat situsnya, baammmm.. situsnya tidak menampilkan apa-apa. Hal ini dikarenakan WordPress terinstal di sub directory, alih-alih di situs utama.cara membuat website

Sekarang anda telah berhasil melakukan installasi wordpress. Untuk mengakses website yang telah anda buat anda bisa langsung mengunjungi alamat domain anda http://namadomain.com. Ini adalah contoh dari website wordpress yang baru pertama kali dibuat. cara membuat website

Dan untuk masuk kedalam halaman admin, anda bisa menambahkan wp-admin pada akhir alamat domain anda. Contoh: http://namadomain.com/wp-admin. Lalu masukkan username dan password yang telah anda buat pada saat melakukan installasi wordpress tadi. Berikut adalah tampilan dashboard admin wordpress ketika pertama kali dibuat.cara membuat website dengan wordpress

Akan saya jelaskan satu-persatu menu yang ada di dashboard wordpress tersebut.

  1. Home : Merupakan tampilan awal ketika anda berhasil login pada dashboard admin wordpress. Ketika anda sudah melakukan beberapa installasi plugin seperti jetpack dan akismet nantinya pada halaman awal admin tersebut akan muncul statistik dan juga komentar-komentar spam yang telah dibasmi oleh plugin akismet
  2. Updates : Ketika ada update entah itu wordpress sendiri, plugin dan juga tema, nantinya akan muncul pemberitahuan melalui menu updates tersebut.
  3. Posts : Pada menu posts ini berisi semua konten-konte atau tulisan anda. Pada menu Posts ini kita juga bisa menambah kategori dan juga tags pada postingan yang akan anda buat nantinya.
  4. Media : Berfungsi untuk menampilkan semua attachment baik gambar maupun video yang sudah diunggah pada situs anda.
  5. Pages : Berfungsi untuk membuat, mengedit dan juga menghapus halaman yang ada pada website anda.
  6. Comments : Ketika adan komentar yang masuk ke website anda, maka anda bisa memoderasinya pada menu ini.
  7. Appearance : Pada menu ini dikhususkan untuk anda yang ingin mengubah-ubah tampilan website agar seperti yang anda inginkan. Pada menu ini juga anda bisa mengganti tema dan mengubah CSS agar tampilan website anda menjadi lebih menarik.
  8. Plugins : Salah satu fitur yang akan memberikan kemudahan untuk anda yang akan mengelola website wordpress. Dengan bantuan plugin tersebut, anda bisa dengan mudah menambah fitur yang ada pada wordpress tanpa perlu keahlian tenang programming.
  9. Users : Jika anda ingin menambah jumlah pengguna yang bisa masuk kedalam halaman admin tersebut. Anda bisa menambahnya dengan menggunakan menu users tersebut.
  10. Tools : Ketika anda ingin memindahkan konten dari blogger ke wordpress ataupun sebaliknya, anda bisa memanfaatkan fitur import dan export yang ada menu tools tersebut.
  11. Setting : Banyak sekali manfaat dari menu settings ini. Pada menu setting ini anda bisa mengatur permalink (url artikel), judul blog, deskripsi blog dan masih banyak lagi.

Sampai pada fase ini, anda sudah bisa membuat website sendiri dengan mudah tanpa perlu keahlian koding dsb.

Lalu apa saja yang harus dilakukan ketika anda membuat website dengan wordpress pertama kali? 

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan ketika berhasil melakukan installasi wordpress.

  1. Mengatur Judul dan tagline blog
  2. Mengatur Permalink
  3. Mengganti Tema
  4. Memasang Plugin

1. Mengatur Judul dan tagline Blog

Untuk awal-awal ketika membuat website yang perlu di utamakan adalah mengatur judul dan tagline blog. Dengan mengatur judul dan tagline blog anda yang benar akan memberikan dampak seo yang secara signifikan bagi blog anda. Untuk mengatur judul dan tagline blog anda bisa mengubahnya melalui menu Settings – Generalcara membuat website wordpress

Pada bagian tersebut pastikan judul dan tagline sesuai dengan website yang ingin anda bangung.

2. Mengatur permalink

Secara default permalink wordpress sangat jelek sekali dan tidak seo friendly. Biasanya permalink wordpress secara default menggunakan format seperti ini http://namadomain.com/?p=1. Jadi, sangat jelas bahwa permalink tersebut kurang friendly dan tidak seo. Untuk mengubah permalink anda bisa masuk ke menu Settings – Permalinkcara membuat website

Secara default wordpress menggunakan format plain untuk permalinknya. Pada menu ini, anda bisa memilih seperti apa kombinasi yang akan digunakan untuk permalink website anda nantinya. Pastikan permalink yang anda pilih mengandung judul artikel website anda.

3. Mengganti Tema

WordPress juga memberikan tema gratis setiap kali anda menginstallnya. Biasanya tema default wordpress akan berganti seiring berjalannya tahun. Namun, tema yang disuguhkan oleh wordpress tergolong tema yang minim fitur. Jadi, jika anda ingin menambah suatu fitur yang dibutuhkan, anda akan bekerja ekstra keras. Oleh karena itu, sebaiknya gantilah tema bawaan wordpress dengan tema yang menurut anda powerfull dan cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Untuk mengganti tema anda bisa masuk ke menu Appearance – Themescara membuat website

Untuk mengganti tema yang ada di direktori wordpress, anda bisa mengaksesnya melalui menu Add Newcara membuat website lengkap

Disini kita bisa memilih tema-tema yang sudah tersedia pada direktori wordpress. Dan anda bisa gunakan secara gratis. Namun, jika anda mempunyai tema sendiri yang tidak ada di direktori wordpress, Anda bisa menguploadnnya secara manual melalui tombol Upload Theme pada bagian atas.cara membuat website

Klik Choose File untuk memilih tema yang anda punya. Lalu klik Install Now.cara membuat website

Tunggu sampai proses upload tema selesai. Maka akan tampil tema yang sudah anda upload pada Themes – Appearancecara membuat website

Untuk mengaktifkan tema tersebut klik Activatecara membuat website

Sekarang coba kunjungi alamat website anda. Dan tampilan tema pun akan berubah seperti tema yang anda pilih.cara membuat website

4. Memasang Plugin

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, plugin berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas website anda agar lebih powerfull. Dengan bantuan plugin ini pastinya dapat memberikan kemudahan anda untuk mengelola website anda dengan mudah. Untuk memasang plugin masuk ke menu Plugins – Add Newcara membuat websiteLalu cari plugin yang akan diinstall, pada pojok kanan atas. Pada contoh kali ini saya akan memasang plugin yang bernama Akismet. Fungsi dari plugin ini yaitu untuk menangkal komentar-komentar spam pada website.cara membuat website

Klik Install Nowcara membuat website

Lalu klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.cara membuat website

Sekarang plugin akismet tersebut berhasil diinstall. Biasanya akismet memerlukan settingan tambahan agar plugin tersebut bisa digunakan sepenuhnya. Karena akismet sendiri menggunakan metode API untuk menangkal komentar-komentar spam yang akan menghantuin blog anda.cara membuat website

Pada setiap membuat website dengan wordpress pasti secara otomatis akan ada plugin Hello Dolly. Yaa, plugin hello dolly tersebut merupakan package didalam cms wordpress itu sendiri. Plugin tersebut ternyata hanyalah sebuah simbol dimana plugin tersebut merupakan plugin yang pertama kali dibuat oleh sang pendiri CMS.

ketika diaktifkan maka plugin tersebut akan menampilkan berupa lirik didalam dashboard wordpress anda, yang mana lirik tersebut adalah lirik lagu dari hello dolly milik Louis Armstrong.cara membuat website

Jika memang dirasa plugin tersebut tidak mempunyai manfaat untuk website anda, anda bisa menghapusnya dengan langkah-langkah berikut ini:

Menghapus Plugin di WordPress.

Masuk ke menu Plugins – Installed Plugincara membuat website

Lalu pilih plugin yang ingin anda hapus, klik Deactivate terlebih dahulu.cara membuat website

Klik Deletecara membuat website

Jika muncul peringatan  untuk menghapus klik OK saja.cara membuat website

Sekarang plugin tersebut hilang dari website anda.cara membuat website

Di wordpress, anda juga bisa menghapus plugin satu per satu dan juga secara massal. Jika anda ingin menghapus plugin secara bersamaan, anda bisa menggunakan fitur Bulk Action dari wordpress. Caranya sebagai berikut ini:

Menghapus Plugin Secara massal

Misal pada tutorial ini saya akan menghapus 4 plugin sekaligus. klik checkbox yang saya tandai seperti pada gambar berikut. cara membuat website

Sampai semua plugin terchecklist seperti dibawah ini.cara membuat website

Pada bagian Bulk Action pilih Deactivate terlebih dahulu lalu klik Applycara membuat website

Setelah semua plugin di deactivate, checklist semua plugin seperti pada langkah sebelumnya, dan bagian Bulk Action pilih Deletecara membuat website

Jika muncul peringatan, klik OK saja. Dan hasilnya semua plugin tersebut akan terhapus.cara membuat website

Itu adalah konsep-konsep dasar wordpress yang wajib anda ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi konsep dasar yang harus anda ketahui tentang wordpress. Namun, akan saya bahas pada tutorial berikutnya tentang membuat website dengan wordpress.

Karena, kalau saya lanjutkan di postingan ini akan menjadi sangat panjang dan tentunya akan membosankan. Oleh karena itu, pantengin terus website ini, untuk belajar lebih dalam tentang membuat website dengan wordpress.

Cukup sekian tutorial Cara Membuat Website dengan WordPress, jika anda benar-benar memahami tentang tutorial yang saya tulis, dan paham akan konsep wordpress itu sendiri, untuk kedepannya anda dapat membuat website dengan wordpress cuku 30 menit saja.

Justru hal yang paling sulit dalam membuat website adalah mengelola konten tersebut agar menjadi website yang mempunyai konten yang berkualitas.

2 Responses
  1. author

    alfikri5 months ago

    thanks gan,
    akhirnya bisa mmebuat website sendiri dengan wordpress.
    btw untuk tema yang dipke agan pake tema apa?

    Reply
    • author
      Author

      fikryans5 months ago

      sama2,
      saya menggunakan encun theme dari kentooz

      Reply

Leave a reply "Cara Membuat Website Mudah untuk Pemula Tanpa Koding"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.